Pentingnya Bonding antara Ibu dan Anak

Ikatan emosional atau bonding yang kuat antara ibu dan anak adalah salah satu aspek paling penting dalam perkembangan anak dan bekal masa depan, hubungan ini dimulai sejak saat kelahiran dan membentuk dasar bagi perkembangan fisik, emosional dan sosial anak. 

Keterikatan emosional antara ibu dan anak dapat membentuk koneksi yang kuat yang akan bertahan seumur hidup, ini merupakan cinta yang mendalam dan hubungan yang unik yang akan membawa kebahagiaan dan makna dalam kehidupan si Kecil di masa depan.

Berikut alasan mengapa bonding antara ibu dan anak sangat penting:

1. Memberikan Rasa Aman

Saat bayi merasa dekat dan terhubung dengan ibunya, ia akan merasa aman dan nyaman, hal ini akan membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin dapat dialami bayi ketika terpisah dari ibunya.

2. Mengembangkan Kepercayaan Diri

Ketika seorang ibu merespons kebutuhan bayinya dengan penuh kasih sayang, pada saat itu bayi akan belajar bahwa bisa mempercayai orang di sekitarnya, pembelajaran ini merupakan hal dasar untuk perkembangan kepercayaan diri anak. Anak yang percaya diri lebih cenderung mengeksplorasi dunia di sekitarnya dan mengatasi tantangan dengan lebih baik.

3. Membentuk Kemampuan Sosial

Keterikatan antara ibu dan anak membantu mengembangkan kemampuan sosial anak di masa depan. Ketika melakukan interaksi dengan ibu, anak akan belajar untuk mengenali ekspresi wajah, suara dan bahasa tubuh, dengan begitu si Kecil dapat belajar tentang keterampilan sosial awal yang penting untuk hubungan dengan orang lain di kemudian hari.

4. Memberi Pengaruh Positif pada Perkembangan Otak

Penelitian menunjukan bahwa dengan adanya interaksi kasih sayang yang dilakukan antara ibu dan anak mempunyai banyak pengaruh positif untuk perkembangan otak anak, dengan perlakuan dan interaksi yang baik akan mempengaruhi perkembangan kognitif, bahasa dan emosional si Kecil.

Bonding antara ibu dan anak adalah dasar bagi perkembangan anak yang sehat dan bahagia. Bantu lengkapi kebutuhan vitamin dan nutrisi untuk ibu menyusui dengan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *