Pentingnya Mengecek Keaslian Cincin Berlian Sebelum Membeli

Saat ini ada banyak sekali pilihan model cincin yang ada di pasaran. Sebut saja salah satunya yang paling banyak peminatnya yaitu jenis cincin berlian. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua jenis berlian yang ada di pasaran terbukti keasliannya dan juga kualitasnya.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek penting sebelum membelinya. Nah, di sini kami akan coba membahas bagaimana cara mengecek keaslian berlian. Cara yang akan kami jelaskan di sini sangat mudah sekali. Berikut penjelasannya:

  1.     Cek Menggunakan Alat Diamond Selector

Diamond selector adalah sebuah alat digital. Fungsinya yaitu untuk mengecek keaslian berlian. Alat ini biasanya sudah disediakan di toko-toko perhiasan atau penjualan perhiasan. Artinya, Anda tidak perlu membeli alat ini hanya untuk mengecek keaslian berlian yang akan Anda beli.

Silahkan Anda minta langsung kepada penjualnya untuk mengecek keaslian berlian menggunakan alat tersebut. Jika berlian tersebut asli, maka akan menimbulkan efek suara dan juga nyala pada lampu yang terdapat pada alat tersebut. Jika palsu, maka tidak akan menimbulkan efek apapun.

  1.     Memilih Cincin Emas Berlian Bersertifikat

Sertifikat berlian bisa disebut juga sebagai akta kelahiran dari berlian itu sendiri. Pada sertifikat tersebut biasanya ada banyak informasi terkait berlian. Informasinya yaitu seputar keaslian berlian, kualitasnya, asal berlian tersebut, dan berbagai informasi-informasi penting lainnya.

cincin berlian
cincin berlian

Maka dari itu, pilihlah jenis cincin emas berlian yang memiliki sertifikat resmi dari GIA. Dengan begitu, kualitas dan keasliannya benar-benar terjamin. Terkait sertifikat, silahkan Anda langsung tanyakan saja kepada penjual atau toko perhiasan.

  1.     Berlian Asli Tidak Akan Tergores

Berlian adalah jenis batu mulia yang memiliki tingkat kekuatan tinggi. Dengan begitu, berlian tersebut tidak mudah rusak apa lagi tergores. Jika Anda memiliki berlian, namun terdapat goresan ketika berbenturan dengan benda keras yang lain, maka bisa dipastikan produk tersebut bukan berlian asli.

Bahkan, berlian asli tidak akan pernah tergores oleh ampelas terkuat sekalipun. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan sekaligus ciri-ciri bahwa berlian tersebut asli. Namun, meskipun kuat, Anda tetap harus menyimpannya di tempat perhiasan dan jangan menyatukannya dengan perhiasan berlian lain.

  1.     Tidak Akan Berubah Warna dan Bentuk Saat Dibakar

Berlian yang dibakar secara sengaja, atau terbakar secara tidak disengaja, tidak akan berubah bentuk maupun warna. Pasalnya, seperti yang kami jelaskan di atas, berlian adalah batu mulia dengan tingkat kekuatan dan kekerasan yang sangat baik. Sehingga berlian tersebut tidak akan mudah terbakar.

Berbeda terbalik dengan jenis berlian palsu. Biasanya berlian palsu akan berubah warna maupun bentuk saat dibakar. Karena berlian palsu terbuat dari bahan seperti plastik yang mudah sekali terbakar.

  1.     Pilih Toko Perhiasan Ternama

Untuk menjamin kualitas cincin berlian wanita yang Anda beli asli dan juga berkualitas, kami sarankan untuk memilih toko perhiasan ternama. Salah satunya yaitu toko perhiasan Mondial. Di sini semua jenis cincin emas berlian yang ditawarkan adalah produk asli.

Selain itu, toko perhiasan ternama juga siap membuktikan keaslian berlian maupun material dari cincin itu sendiri.

Kesimpulan

Memilih cincin berlian tidak boleh sembarangan. Dengan mengetahui tips di atas, kini sedikit banyaknya Anda tidak akan salah memilih. Pasalnya, di atas kami sudah menjelaskan berbagai cara untuk mengetahui kualitas dan keaslian berlian.

Demikian informasi seputar cara mengecek keaslian cincin berlian. Agar lebih aman dan terjamin keasliannya, pilihlah brand dan toko perhiasan ternama, salah satunya yaitu Mondial yang menawarkan banyak koleksi cincin terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *