Apa Saja yang Bisa Dipelajari Ketika Anda Kuliah Film

Sejalan dengan perkembangan budaya dan teknologi, film menjadi banyak diminati. Jika dulu menonton film harus ke gedung bioskop sekarang menonton film bisa dilakukan dimana saja. Perkembangan teknologi memungkinkan itu terjadi dengan adanya bermacam platform menonton film seperti Youtube, Netflix, Iflix dan sebagainya. Film pun juga mengalami banyak perkembangan seiring perkembangan teknologi.

Penambahan efek visual dengan bantuan komputer dan teknologi kamera yang semakin canggih membuat film semakin menarik untuk dinikmati. Tidak heran jika banyak lulusan SMA sederajat yang melanjutkan perguruan tinggi di Kuliah Film. Jurusan ini akan mempelajari lebih dalam tentang dunia perfilman. Hal-hal yang akan dipelajari selama perkuliahan antara lain:

Kuliah Film
Kuliah Film
  • Produksi Film

Anda akan diajarkan aspek-aspek penting dalam produksi film. Meliputi perlengkapan teknis mulai dari jenis-jenis peralatan yang digunakan dan cara pengoperasiannya, pengetahuan dasar mengenai pencahayaan dan pengaturan suara. Selain segi teknis dalam produksi film, Anda juga akan belajar software untuk mengolah video dan gambar dan teori editing yang baik. Kuliah Film juga akan mengajarkan teori tentang perencanaan proses produksi film, penulisan naskah, dan bagaimana mengkomposisikan sebuah film yang bagus.

  • Studi Film

Mahasiswa jurusan ini tidak hanya bekerja dalam segi teknis namun juga diajarkan pengetahuan perfilman. Mulai dari sejarah perfilman dan mendiskusikan banyak film yang terkenal. Kemudian melakukan kritik film dan menulis riset mengenai dampak terhadap masyarakat secara sosial dan politik dari film tersebut. Sehingga dapat melakukan inovasi baru dalam dunia perfilman.

  • Ilmu Komunikasi

Mahasiswa akan belajar bagaimana teori – teori terkait ilmu komunikasi seperti semiotika dan teori budaya lainnya. Dengan mempelajari hal tersebut, diharapkan mahasiswa mampu memproduksi sebuah film yang baik dan bisa dinikmati masyarakat.

  • Animasi

Animasi adalah gambar bergerak dari kumpulan beberapa objek yang menciptakan ilusi gerakan. Terdapat dua jenis animasi yakni animasi 2D dan animasi 3D. Kebutuhan animasi dalam dunia perfilman saat ini banyak digunakan untuk menciptakan efek visual yang tidak bisa diperankan manusia. Mahasiswa akan diajarkan ilmu dasar mengenai animasi, software animasi, dan keterampilan perencanaan animasi untuk sebuah film.

Dunia perfilman tidak akan pernah mati karena manusia selalu membutuhkan hiburan. Film membantu Anda untuk menuangkan ide-ide dalam bentuk audio visual. Selama Kuliah Film Anda dapat membuat karya film Anda sendiri untuk bisa dinikmati banyak orang. 

Peluang bisnis bagi lulusan ini pun sangat luas. Setelah lulus, profesi yang bisa Anda geluti diantaranya produser, sutradara, penata artistik, editor film dan video, penata suara, penulis naskah dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat membuat rumah produksi (Production House) sendiri dan memproduksi banyak film. Tidak hanya untuk kepentingan komersial, Anda juga dapat memproduksi film untuk dilombakan. Sekarang ini banyak sekali perlombaan film baik nasional dan internasional yang bisa Anda ikuti.

Anda ingin melanjutkan jenjang sekolah lebih tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik, IDS adalah opsi yang tepat. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1).

Melalui pendekatan Real World Project membantu anda untuk siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering, Cyber Security dan Mobile Apps & Games Development. IDS Digital College membangun kurikulum bertaraf internasional yang siap untuk membimbing para mahasiswa untuk menjadi seorang profesional IT dalam persaingan global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *