6 Cara Stimulasi yang Tepat Untuk Perkembangan Otak Anak

Anak usia 2 tahun, mungkin bagi bunda masih terlalu kecil dan belum mengerti banyak. Padahal, otak mereka sudah berkembang dan meningkat tajam. Pada tahap ini, agar perkembangan otaknya berjalan dengan baik, bunda harus memberikan stimulasi yang tepat.

Pada awal-awal tahun perkembangan, anak menyerap informasi seperti spons dan berusaha memahaminya secara aktif. Untuk itu, stimulasi yang tepat akan memberikan anak pondasi yang sempurna agar anak menjadi lebih terampil dan pintar.

Stimulasi yang Tepat Untuk Perkembangan Otak Anak

Ada banyak stimulasi yang bisa bunda berikan untuk merangsang otak anak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Bergerak aktif

Saat si kecil mulai bergerak dengan aktif, bunda bisa mengajarkannya melakukan kegiatan menarik yang disukainya. 

Stimulasi
Stimulasi

Untuk melatih motorik kasar, bisa dengan berlari-lari kecil, bermain, jalan-jalan santai, mengendarai sepeda dan sebagainya.

Sedangkan untuk melatih motorik halus, bisa mengajaknya untuk menggambar atau menciptakan kreasi dengan bentuk.

Membaca

Hal yang wajib dilakukan untuk menstimulasi otak anak adalah dengan membaca. Bunda bisa mengajaknya untuk membaca bersama-sama. Bisa pada saat santai ataupun menjelang tidur.

Dengan membaca, perkembangan kognitif dan kemampuan bahasanya akan meningkat. Selain itu, cara ini juga bisa mengasah perkembangan konseptual si kecil.

Ajak bicara

Untuk merangsang proses berpikir si kecil, bunda bisa sering-sering mengajaknya bicara. Dalam pembicaraan ini, bunda juga memberikan pertanyaan mudah dan meminta anak untuk menjawabnya.

Selain memberikan pertanyaan, bunda juga bisa membantunya dengan mendeskripsikan jawaban untuk membantunya dalam menemukan jawaban yang tepat.

Mengeksplorasi alam

Memperkenalkan alam pada anak bisa membantu stimulasi otaknya dan mampu mengurangi level stres. 

Dengan berinteraksi dengan alam, anak juga bisa melakukan banyak eksperimen dan memicu rasa ingin tahu. 

Cukup tidur

Hal terpenting dalam perkembangan otak anak adalah anak memiliki cukup tidur. Namun, bunda tidak sembarangan dalam meminta mereka tidur, tetapi buat jadwal tidur yang teratur. Dan minta mereka untuk mematuhi jadwal tersebut

Asupan yang baik

Asupan dan gizi yang baik, dapat membantu merangsang perkembangan otak anak. Menjadi lebih pintar dan terampil dari waktu ke waktu.

Asupan yang diberikan bukan hanya untuk membantu stimulasi perkembangan otak, tetapi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Makanan seperti buah-buahan, sayur-mayur, bijian, karbohidrat, protein, dan sebagainya harus bunda penuhi setiap hari. Jika ingin lebih lengkap, bunda juga harus memberi mereka susu yang memiliki formula yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Bunda bisa memilih Dancow yang telah dipercaya sejak lama, membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Demikian beberapa hal yang bisa membantu bunda untuk stimulasi tepat perkembangan otak anak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *