Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Ambil Keputusan Kuliah Design

Seiring dengan kehidupan manusia yang semakin modern, keahlian yang dibutuhkan pun semakin beragam. Salah satu yang semakin eksis adalah perihal design grafis. Tak heran makin banyak pula orang yang ingin kuliah design grafis.

Coba bayangkan ada berapa banyak kartu nama, selebaran, poster dan produk cetak yang muncul setiap harinya. Belum lagi kebutuhan digital yang semakin banyak, konten instagram dan media sosialnya. Rasanya design grafis jadi bidang yang akan selalu dibutuhkan saat ini hingga kedepan dalam waktu yang sangat lama.

Apakah kamu tertarik mendalami atau bahkan kuliah design grafis? Sebelum itu, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah rangkumannya untuk kamu.

Jangan Ragu untuk Kolaborasi

Wajar sekali ketika seorang pekerja kreatif berusaha mengandalkan dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan ide itu ada di kepalanya disertai obsesi untuk menciptakannya. Tak jarang, ide tersebut juga tidak mudah dijelaskan kepada orang lain.

Kendati demikian, jangan ragu untuk melakukan kolaborasi. Ini bahkan menjadi bagian penting yang harus ada dalam diri seorang profesional disainer grafis. Kolaborasi akan membuka wawasan lebih luas dari berbagai sudut pandang. Terlebih jika kamu menemukan kolaborator yang sesuai, pekerjaan desain menjadi lebih mudah dengan hasil yang memuaskan.

Kuliah Design
Kuliah Design

Kerja Desain Juga Bisa Membosankan

Memang, ini adalah industri kreatif yang akan memacu otak kita terus bekerja dan memunculkan ide-ide segar. Namun itu tidak selalu mudah atau bahkan bisa membuat kamu bosan.

Terlebih ketika seseorang yang kuliah design kemudian lulus dan memasuki dunia kerja. Mungkin mereka akan mengalami culture shock. Dunia kerja desainer grafis bisa sangat membosankan karena akan menguras ide kamu hampir setiap hari.

Ada banyak klien berarti juga banyak permintaan yang berbeda-beda. Kamu butuh energi lebih untuk membangkitkan kreativitas dalam diri dan itu sangat melelahkan. Jika itu terjadi, kamu harus mulai terbiasa dan tetap menuntaskannya sebisa mungkin. Ada masa di mana kamu bisa desain dengan sangat produktif.

Manajemen Kebutuhan Klien

Nyatanya yang dilakukan oleh seorang desainer tidak hanya mendesain. Tapi, juga menentukan biaya, menghitung estimasi penyelesaian desain, membuat konsep sebelum eksekusi sekaligus menjelaskannya kepada klien.

Yang perlu kamu ingat, tidak semua klien memahami apa yang kamu sampaikan. Sehingga, tak jarang kamu juga akan menemukan permintaan klien yang tidak realistis. Seperti halnya meminta desain yang rumit dalam waktu singkat dan menyediakan budget yang tidak sesuai. 

Jangan terburu-buru kecewa apalagi marah. Sebagai seorang profesional, kamu perlu menjelaskan dengan baik dan sejujur-jujurnya pada klien. Ini adalah keringat kamu sehingga kamu pun perlu menghargai jerih payahmu.

Kecocokan Antara Klien dan Desainer

Terkadang, tak bisa dipungkiri kalau hubungan klien dan desainer juga dipengaruhi dengan masing-masing gaya, temperamen, dan nilai-nilai yang diyakini kedua belah pihak.

Pertama kamu perlu ingat, kalau perbedaan itu wajar. Bangun komunikasi sebaik mungkin dengan klien. Jangan ikuti alur perdebatan yang tidak berujung. Bahkan terkadang kamu hanya perlu mengalah untuk beberapa detail agar bisa segera mengerjakan desain karena kamu perlu menyusun waktu lagi untuk mengerjakan desain yang lain.

Pilihan Karir

Bidan desain apa saja sih yang bisa kamu geluti? Ada cukup banyak lapangan kerja untuk kamu yang baru saja lulus kuliah design. Mulai dari animator, arts layout, desainer website, ilustrator. Ini adalah bidang yang terus berkembang. Ke depan, bisa jadi akan semakin banyak pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *