Pemberian Menu MPASI yang Tepat Itu Seperti Ini!

Agar bayi bisa bertumbuh kembang dengan baik, maka wajib hukumnya untuk memberikan ia asupan gizi yang baik. Dan asupan gizi yang baik ini bisa diberikan dari ASI, dan menu MPASI buatan sendiri ataupun dari MPASI cerelac Nestle, bila usia sikecil sudah menginjak usia 6 bulan. 

 

ASI memang merupakan asupan wajib untuk sikecil, namun seiring bertambahnya usia sikecil, maka asupan MPASI buatan sendiri ataupun MPASI cerelac Nestle ini, bisa melengkapi kebutuhan nutrisi sikecil yang tidak terdapat dalam ASI.

 

Adapun berbagai manfaat pemberian MPASI ini cukup beragam, seperti diantaranya bisa membantu meningkatakan daya kognitif anak, dapat membantu mencegah infeksi, stunting, anemia dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Bagi yang bingung untuk membuatkan menu MPASI apa yang tepat untuk sikecil, maka bunda bisa simak pada ulasan berikut ini :

 

  • Menu MPASI awal baiknya bunda memberikan sikecil dengan menu MPASI dari jenis sayur-sayuran seperti wortel, labu, kentang, ubi dan juga brokoli. Untuk buah-buahannya juga bisa asal disajikan dengan cara ditumbuk halus terlebih dahulu seperti buah pisang, alpukat, pepaya, pir dan apel. Namun bila bunda menginginkan yang lebih praktis, maka bunda juga bisa memberikan sikecil menu MPASI dari cerelac nestle, yang banyak sekali varian rasanya seperti rasa kacang hijau, ayam bawang, apel, jeruk pisang dan juga beras merah.

 

  • Untuk selanjutnya, bila sikecil sudah mulai terbiasa dengan berbagai menu MPASI diatas, maka untuk menu MPASI selanjutnya bunda bisa menyajikan menu MPASI dari daging, kacang-kacangan, susu full cream, yoghurt dan lain sebagainya, asal cara penyajiannya harus yang ditumbuk.  

 

 

 

Nah, setelah mengetahui berbagai menu MPASI yang bisa bunda buat dirumah, sebaiknya bunda menghindari hal-hal sebagai berikut :

 

  • Jangan sesekali mengganti ASI dengan susu sapi atau sejenisnya. Karena bila tidak cocok ataupun belum siap, akan mengakibatkan sikecil terkena sembelit.
  • Jangan memberikan makanan yang memiliki tekstur yang keras dan juga lengket, karena hal ini bisa mengakibatkan sikecil tersedak. Seperti contohnya kacang utuh, sebaiknya disajikan secara ditumbuk halus.
  • Jangan memberikan makanan yang berasal dari biota laut seperti misalnya udang, lobster, kerang, kepiting, dan lain sebagainya karena kurang bersahabat dengan sistem pencernaan sikecil. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *