Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah sambil kerja merupakan hal yang cukup melelahkan. Kamu harus pandai-pandai membagi waktu antara belajar dan juga bekerja. Bagi kamu yang sudah berstatus karyawan namun masih ingin berkuliah S1, IDS Digital College telah menyediakan program kuliah kelas karyawan untuk kamu. 

Nah, bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja, yuk perhatikan hal-hal berikut ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum masuk kuliah kelas karyawan

kuliah kelas karyawan
kuliah kelas karyawan

Perhatikan jadwal kuliah yang akan diambil

Biasanya, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan ini ketika sedang memilih jadwal kuliah. Pilihan pertama yaitu jadwal kuliah di hari aktif Senin hingga Jumat namun dilaksanakan pada sore hingga malam hari. pilihan yang kedua yaitu jadwal kuliah di akhir pekan, Sabtu dan Minggu, namun jam kuliahnya yaitu dari pagi hingga sore hari. 

Karena kedua pilihan ini, kamu harus pastikan jadwal aman yang sesuai dengan jadwal kerjamu. Jika kamu tidak memiliki jam kerja lembur, sebaiknya pilih hari aktif karena pada akhir pekan kamu bisa beristirahat dengan leluasa. 

Pastikan pihak perusahaan tahu kalau kamu sedang mengambil kelas kuliah

Sebelum memastikan untuk berkuliah, cobalah untuk berkomunikasi dengan atasan kamu. Kenapa diperlukan komunikasi tersebut? Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan akan mengetahui kondisi kamu saat sudah menjalaninya. 

Misalnya, seharusnya kamu lembut pada hari tersebut, namun karena atasan kamu mengetahui kondisi kamu yang harus mengikuti perkuliahan, akhirnya pekerjaan itu dialihkan pada orang lain. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan akan bersikap lebih kondisional pada jam kerja kamu.

Pilihlah jurusan yang tepat 

Kelas karyawan telah menyediakan berbagai pilihan bidang studi yang bisa kamu pilih. Hampir semua jurusan yang dimiliki kelas reguler dimiliki juga oleh kelas karyawan. Pilihlah bidang studi yang sesuai dengan pekerjaanmu saat ini atau minat dan bakat kamu. Dengan mengikuti kesesuaian tersebut, kamu akan bisa melakukan pengembangan diri. 

Tidak hanya itu, ilmu yang didapat saat kuliah juga akan bermanfaat bagi karirmu kelak di perusahaan saat ini. misalnya, jika kamu bekerja sebagai akuntan, pilihlah jurusan Akuntansi. Nah, dengan begitu, kamu bisa memperdalam passion dan pekerjaan kamu untuk jenjang karir yang lebih tinggi. 

Perhatikan biaya perkuliahannya

Biasanya, kisaran biaya dari kelas karyawan ini berbeda-beda. Beberapa kampus memiliki sistem pembayaran yang dilakukan setiap semester bahkan setiap bulannya. Kisaran biayanya pun berbeda-beda di setiap universitasnya. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memilih kelas karyawan, pastikan dulu berapa besar budget yang telah kamu sediakan untuk biaya pendidikan. Cari tahu juga sistem pembayarannya seperti apa, setiap bulan atau setiap semester. Yang pasti tentukan dengan anggaran pendapatan yang kamu miliki, ya.

Pastikan bahwa kamu telah siap mengikuti perkuliahan kelas karyawan

Poin yang paling penting yaitu seberapa siap kamu mengikuti proses perkuliahan ini. kamu harus tahu, ketika sudah memasuki bangku perkuliahan, kamu memiliki tanggung jawab sebagai mahasiswa. Bahkan ketika kamu sudah menjadi karyawan dan memilih kelas tersebut. banyak konsekuensi yang akan kamu hadapi. 

Misalnya masalah manajemen waktu, tenaga, juga biaya. Kamu juga akan dihadapkan dengan tugas-tugas kuliah dan juga tugas dari kantor tempatmu bekerja. Karena kamu juga merupakan seorang karyawan, kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu dengan profesional. Kamu harus masuk kerja tepat waktu dan tanpa absen dengan alasan capek karena berkuliah semalam. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai kuliah kerja karyawan yang harus kamu perhatikan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *