Pengertian Dan Jenis Perkembangan Anak

Pada saat lahir, anak tidak langsung tumbuh besar dan dewasa baik fisik maupun psikisnya. Mereka lahir dengan ukuran tubuh kecil kemudian berubah secara perlahan menjadi besar, itulah yang disebut dengan perkembangan anak.

Jadi, perkembangan anak merupakan urutan perubahan fisik, emosional, pikiran, dan linguistik anak yang terjadi sejak si kecil lahir hingga awal masa dewasanya nanti.

Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Salah satunya adalah faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua mereka. Itulah kenapa tiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda.

Apakah perkembangan anak perlu dipantau oleh para orang tua ? jawabannya adalah ya. Para orang tua harus memantau kondisi perkembangan anak – anaknya agar bisa dikendalikan ketika sang anak mengalami kegagalan dalam proses tumbuh kembangnya.

Karena perkembangan anak adalah tahapan-tahapan, hal ini dapat menjadi patokan bagi Anda untuk memantau pertumbuhan anak Anda. Anggaplah ini sebagai guideline dari proses tumbuh kembang si kecil. Ada beberapa manfaat lainnya ketika perkembangan anak sering dipantau yaitu sebagai berikut :

 

Pengertian Dan Jenis Perkembangan Anak

 

  • Kemampuan kognitif dan afektif anak bisa tumbuh dengan optimal.
  • Anda bisa membantu mengembangkan potensi dan bakat anak secara maksimal.
  • Mental anak akan lebih siap saat masuk masa sekolah nanti.

 

Perlu anda ketahui, ada beberapa jenis perkembangan anak yaitu :

 

  • Perkembangan kemampuan fisik – Fokus pada faktor fisik anak, mulai dari pertambahan berat dan tinggi badan, perkembangan otak, hingga motorik halus dan kasar.

 

  • Perkembangan kemampuan kognitif – Aspek ini terbagi menjadi beberapa tahap, mulai dari tahap sensorimotor (0-24 bulan), praoperasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-11 tahun), dan operasional formal (sejak usia 11 tahun). Perkembangan kognitif fokus pada kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

 

  • Perkembangan kemampuan sosio-emosional – Inilah aspek perkembangan yang fokus pada interaksi anak dengan orang lain. Aspek perkembangan ini juga mencakup perkembangan anak dalam mengekspresikan emosi

 

  • Perkembangan kemampuan berbahasa – Idealnya, kemampuan berbahasa anak tumbuh pesat selama masa prasekolah atau mulai usia 1-5 tahun.

 

Agar kondisi perkembangan anak anda berjalan normal, ada baiknya anda berikan anak – anak anda tersebut nutrisi seperti susu.

Anda bisa memberikan mereka produk susu dari Wyeth Nutrition yaitu susu procal ultima, procal gold dan procal nutrissential.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *