Pentingnya Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Anak

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang penting untuk anak-anak. Semuanya bisa mereka dapatkan melalui makanan seperti sayuran, daging, dan lainnya. Makanan bernutrisi tinggi sangat penting sekali untuk anak-anak. Pasalnya, asupan makanan tersebut mampu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Artinya, makanan tidak hanya harus lezat saja. Anda harus memilih berbagai jenis makanan terbaik yang kaya akan nutrisi. Karena, bunda memiliki peran penting untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil.

Kenapa Harus Makanan yang Kaya Nutrisi?

Perlu bunda ketahui, bahwa kebutuhan nutrisi anak-anak jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi pada orang dewasa. Jumlah yang dibutuhkan oleh anak-anak bahkan bisa mencapai 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa.

Meski begitu, bukan berarti si kecil harus diberi banyak makan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Itu artinya, bunda harus memilih makanan-makanan terbaik yang kaya akan nutrisi untuk memenuhinya.

Bunda bisa memberi makanan bernutrisi yang beragam. Contohnya seperti sayuran seperti brokoli, wortel, bayam, dan lain sebagainya. Bunda juga bisa memberi si kecil daging yang kaya akan protein hewani seperti dada ayam, ati ayam, daging sapi tanpa lemak, dan ikan.

Optimalkan kebutuhan nutrisi si kecil dengan memberi mereka segelas susu sapi yang kaya akan kalsium dan berbagai kandungan penting lainnya.

makanan bernutrisi tinggi
makanan bernutrisi tinggi

Manfaat Memenuhi Asupan Nutrisi Anak

Ada banyak manfaat jika Anda memenuhi asupan nutrisi si kecil. Adapun manfaat-manfaatnya yaitu seperti:

  1. Bagus Untuk Tulang

Beberapa makanan seperti bayam, brokoli, hingga susu, memiliki kandungan yang kaya akan kalsium. Kandungan ini bagus untuk tulang si kecil. Kalsium adalah nutrisi penting dalam masa tumbuh kembang anak.

Kalsium dapat membantu tulang menjadi kuat. Bahkan kalsium dapat mengoptimalkan ketebalan tulang.

  1. Protein

Protein dan kalsium menjadi kandungan yang berkolaborasi untuk mengoptimalkan tinggi badan anak. Protein bagus untuk pembentukan otot si kecil. Ada dua jenis protein yang ada pada makanan, yaitu protein nabati dan protein hewani.

Protein nabati biasanya terdapat pada kacang-kacangan dan beberapa sayuran, sedangkan jenis protein hewani ada pada daging.

  1. Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

Beberapa makanan seperti sayuran dan buah-buahan sangat kaya akan vitamin. Contohnya seperti vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh anak. Selain itu juga kaya akan antioksidan. Kandungan-kandungan ini akan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Selain itu, juga terdapat berbagai jenis vitamin lainnya yang tidak kalah bagus untuk kesehatan anak-anak. Itulah kenapa, pola makan 4 sehat 5 sempurna sangat penting untuk diimplementasikan setiap hari.

  1. Bagus Untuk Kesehatan

Banyak vitamin yang dapat mengoptimalkan kesehatan si kecil. Contohnya seperti wortel yang kaya akan beta karoten dan vitamin A. Wortel sangat bagus sekali untuk kesehatan mata.

Selain vitamin A, juga ada banyak vitamin lainnya yang bisa didaptkan si kecil pada berbagai jenis makanan.

Tips Memenuhi Asupan Nutrisi Anak

Kandungan nutrisi yang tinggi tidak hanya ada pada sayuran dan buah-buahan. Si kecil masih bisa makan enak dengan mengonsumsi daging. Namun, pastikan daging yang diberikan tidak memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Anda bisa memvariasikan berbagai jenis makanan sesuai dengan keinginan si kecil. Namun, jangan lupa juga untuk selalu mengenalkan sayuran sejak dini pada anak-anak. Pasalnya, ada banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan pada berbagai aneka sayuran.

Demikian informasi seputar pentingnya makanan bernutrisi tinggi bagi si kecil. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan kesehatan anak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *