Ingin Kuliah Sambil Kerja? Simak 7 Tips Sukses Berikut Ini

Kuliah merupakan salah satu hal yang diidamkan oleh semua orang. Bahkan mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan pun masih ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada banyak alasan mengapa orang-orang ingin melanjutkan kuliah meskipun sudah bekerja. Beberapa diantaranya yaitu karena tuntutan pekerjaan, ingin mendapatkan pengalaman lebih, dan lain sebagainya. Anda yang ingin kuliah sambil kerja tetap bisa menjalankannya dengan seimbang melalui beberapa tips berikut ini:

Kuatkan Mental

Saat memutuskan untuk menjalankan kuliah dan pekerjaan secara bersama-sama maka yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan mental. Pasalnya, kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mahasiswa lain memiliki waktu untuk bersenang-senang, sedangkan Anda harus mengorbankan waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas kuliah. Apabila berhasil melakukannya maka Anda bisa menjadi generasi tangguh dan siap menghadapi kerasnya dunia kerja.

Pilih Pekerjaan Freelance

Banyak orang memilih untuk kuliah sambil kerja karena alasan biaya. Hal tersebut bukan masalah karena Anda tetap bisa menjalankan pekerjaan maupun perkuliahan dengan seimbang. Sebaiknya pilih pekerjaan freelance atau paruh waktu agar perkuliahan tidak terganggu. Dengan mengambil pekerjaan freelance maka Anda tidak perlu dituntut untuk ke kantor setiap hari. Namun pastikan bawa honor yang didapatkan cukup untuk membayar uang kuliah.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Jangan Menunda Tugas Kuliah

Anda tidak boleh sekalipun menunda tugas kuliah walaupun dalam keadaan lelah setelah bekerja. Jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menunda tugas kuliah atau bermalas-malasan. Pasalnya kebiasaan menunda pekerjaan tersebut akan berdampak pada diri Anda nantinya.

Tetap Jaga Kesehatan

Menjalankan pekerjaan dan perkuliahan sekaligus memang akan menghabiskan waktu serta tenaga Anda. Banyaknya aktivitas yang harus dijalani mungkin akan membuat Anda mengalami kelelahan. Agar tidak jatuh sakit dan semua menjadi berantakan maka Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, berpikir positif, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Bagi Waktu untuk Berorganisasi

Mungkin Anda berpikir cukup sulit untuk mengikuti organisasi di kampus ketika menjalankan dua aktivitas penting sekaligus. Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi apabila Anda mampu membagi waktu dengan baik dan seimbang. Misalnya saja Anda mengambil pekerjaan freelance di mana setiap hari Senin hingga Kamis harus bekerja. Berarti Anda harus mencari organisasi yang aktif di hari lai . Organisasi penting karena bisa membangun relasi sekaligus mendapatkan pengalaman.

Bekerja Sambil Mencari Relasi Baru

Bukan hanya di kampus saja, Anda juga harus membangun relasi ketika bekerja di kantor. Hal ini akan memudahkan Anda ketika sudah lulus kuliah nantinya. Oleh sebab itu, ketika masih ada kesempatan maka carilah relasi sebanyak-banyaknya.

Bangun Hubungan Baik dengan Atasan di Kantor

Saat ini sudah banyak sekali karyawan yang mendapatkan izin untuk kuliah. Hal tersebut lantaran karyawan yang memiliki pendidikan tinggi juga menguntungkan perusahaan. Meski jarang bertemu dengan bos atau atasan namun Anda perlu membangun hubungan baik agar perkuliahan maupun pekerjaan bisa lancar. Selain atasan, Anda juga perlu membangun hubungan baik dengan rekan kerja.

Itulah berbagi tips sukses yang bisa Anda jalankan jika ingin kuliah sambil kerja. Apabila menjalankan tips di atas maka baik perkuliahan maupun pekerjaan akan seimbang. Selain tips di atas, kampus yang Anda pilih juga berpengaruh pada kesuksesan. Pilihlah kampus yang memiliki kredibilitas sehingga kuliah yang Anda jalankan tidak sia-sia.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer atau STMIK Indo Daya Suvana merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin kuliah. Institusi perguruan tinggi yang juga dikenal dengan IDS Digital College ini memiliki beberapa kelebihan seperti kurikulum berbasis internasional, menggunakan pendekatan real world assignment, dan memiliki pengajar yang profesional. Selengkapnya mengenai IDS Digital College bisa Anda lihat di website ids.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *