Tanda-Tanda Impetigo Pada Anak

Penyakit yang terjadi pada anak memang bermacam-macam, terkadang ibu tidak bisa mengetahui penyakit apa yang sedang terjadi pada anak. atau bahkan orang tua tidak bisa membedakan, salah satunya yaitu impetigo, yang terkadang ibu sering menyebutnya cacar air atau herpes karena ini  saking miripnya.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gejala jika anak terkena penyakit impetigo tersebut. Nah kira-kira gejala apa saja yang muncul?

Tanda-Tanda penyakit impetigo Pada Anak

Luka merah

Biasanya gejala tersebut pada anak yang paling awal yaitu timbulnya luka merah pada kulit wajah, bibir, lengan serta kaki. Ini mempunyai tingkat keparahan yang cukup berbeda-beda. Terdapat anak yang hanya mempunyai satu luka saja, namun juga ada juga yang mempunyai banyak luka serta ruam yang menyebar pada tubuhnya.

Lepuhan berisi cairan

Selain adanya luka merah pada kulit anak, juga timbul lepuhan yang memiliki warna kuning berisi dengan cairan. Kalau lepuhan tersebut pecah, ini akan menyebabkan cairan yang ada di dalamnya akan keluar yaitu berupa nanah serta memicu rasa gatal pada kulit anak.

Kulit Jadi mengeras

Biasanya akibat dari lepuhan pada kulit impetigo tersebut bisa memicu adanya penebalan pada lapisan kulit di bagian atasnya. Biasanya lama kelamaan area kulit tersebut akan mengeras serta memiliki warna kuning atau kecoklatan, yang mirip seperti warna madu.

Gatal

Penyakit ini juga bisa memicu rasa yang gatal pada kulit, akan tetapi segala apapun kulitnya ajari anak untuk tidak menggaruknya. Bisa jadi kalau digaruk, bakteri akan menyebar kebagian tubuh yang lainnya dan bisa memperparah kondisi kulit karena infeksi. 

Terasa Nyeri pada kulit

Kalau gejala impetigo tersebut tidak segera diobati, maka luka yang ditimbulkan tersebut bisa menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Hal tersebut bisa menyebabkan ektima, yaitu luka jadi melepuh yang bisa saja menjadikan kulit terasa sangat nyeri.

Nah itulah beberapa tanda penyakit impetigo yang biasanya terjadi pada anak, untuk tetap menjaga kenyamanan anak dan terhindar dari impetigo sebaiknya ibu memberikan popok dari MAKUKU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *