Perbedaan Kredit Motor Syariah dan Konvensional

Motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi. Hampir semua orang kini memiliki motor untuk memudahkan mobilitas mereka ke tempat kerja atau tempat lainnya. Adanya perusahaan pembiayaan (leasing) dan perbankan yang menghadirkan produk kredit kendaraan bermotor juga memudahkan Anda untuk memiliki motor sendiri. Bagi Anda yang takut riba, ada produk kredit motor syariah yang bisa dipilih. Apa sih perbedaan kredit motor secara syariah dengan  konvensional? Berikut ini pembahasannya:

Suku Bunga

Bank atau perusahaan pembiayaan yang menawarkan produk kredit motor konvensional pasti akan memberikan bunga tertentu sebagai imbalan. Ada dua macam bunga yang biasa digunakan yaitu bunga tetap dan bunga mengambang. Hal tersebut berbeda dengan sistem syariah dimana tidak ada bunga yang diberikan. Nantinya akan ada akad antara nasabah dan bank dimana di dalam akad tersebut sudah menentukan bagaimana cara bagi hasil. Jadi pihak nasabah tahu berapa besar margin yang diambil oleh bank.

kredit motor syariah
kredit motor syariah

Cicilan

Perbedaan kredit motor syariah dan konvensional selanjutnya ada pada cicilan. Pada sistem konvensional, sistem cicilan akan bergantung pada bunga yang diberikan oleh bank. Sedangkan pada sistem syariah, Anda tidak perlu menghitung bunga dan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Pasalnya cicilan bulanan Anda akan sama mulai dari awal hingga akhir pembayaran.

Denda

Kredit motor secara konvensional biasanya memberikan denda jika terlambat mencicil. Besar denda yang akan masuk ke bank atau perusahaan pembiayaan yang dipilih tersebut tergantung dari kebijakan leasing. Jadi Anda harus berhati-hati dalam membayar cicilan agar tidak mendapatkan denda. Berbeda dengan sistem syariah dimana tidak ada denda untuk keterlambatan pembayaran. Sebagai gantinya, Anda akan diminta membayar sejumlah uang yang kemudian akan disalurkan ke lembaga sosial.

Itulah perbedaan kredit motor syariah dan juga kredit motor konvensional. Apakah Anda tertarik untuk mengajukan kredit secara syariah? Meskipun berbasis syariah namun Anda tetap harus mempertimbangkan leasing yang dipilih. Pilihlah bank terpercaya yaitu Bank Danamon jika ingin mengajukan kredit. Pembiayaan dengan akad IMBT (Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik) menjadi kelebihan dari produk Bank Danamon. Lebih lengkapnya mengenai produk syariah Bank Danamon bisa Anda simak di website www.danamon.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *