Gejala dan Cara Mengatasi Mata Kering yang Bisa Anda Lakukan

Mata merupakan salah satu indera manusia yang sering mengalami gangguan. Salah satu gangguan mata yang umum adalah mata kering atau dry eye syndrome. Pada umumnya, penyebab dry eye syndrome yaitu produksi mata yang tidak cukup untuk melembabkan atau membasahi mata.

Faktor risiko dari dry eye syndrome sangat beragam. Mulai dari terlalu lama membaca buku, melihat layar gadget, hingga berada di ruangan ber-AC. Cari tahu apa saja gejala dan juga cara mengatasi dry eye syndrome di sini!

Gejala Mata Kering

Sebelum mengetahui cara mengatasi dry eye syndrome, Anda perlu mengetahui gejala yang timbul ketika mata Anda kering. Berikut ini beberapa gejalanya:

  • Mata terasa kering dan penglihatan buram.
  • Mata terasa perih, gatal, sepet, dan seperti berpasir.
  • Mata terasa cepat lelah, terutama jika harus melihat layar dalam jangka waktu lama.
  • Mata lebih sensitif saat melihat cahaya terang.

Cara Mengatasi

Langsung saja, berikut ini beberapa cara mengatasi dry eye syndrome yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan Obat Tetes Mata

Mata yang kering terjadi karena produksi air mata yang tidak cukup untuk membasahi mata. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan obat tetes mata sebagai artificial tears. Cari obat tetes mata yang mengandung hydroxypropyl methylcellulose untuk mengatasi mata Anda yang kering.

2. Kompres Hangat

Selain menggunakan obat tetes mata yang mengandung hydroxypropyl methylcellulose, Anda juga bisa melakukan kompres hangat. Anda bisa memanfaatkan handuk atau kapas kosmetik. Masukkan ke dalam air hangat, lalu peras dan tempelkan pada mata. Anda bisa mengompres mata selama kurang lebih 3 menit. Lakukan sekitar 4 kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

3. Konsumsi Vitamin A dan Omega-3

Menjaga makanan yang dikonsumsi juga menjadi salah satu cara mengatasi mata yang kering. Pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak vitamin A dan omega-3. Sudah sejak lama vitamin A seperti wortel dikenal baik untuk mata. Sementara omega-3 seperti seafood dan kacang-kacangan juga baik untuk mata.Itulah pembahasan mengenai gejala dan cara mengatasi mata kering atau dry eye syndrome. Jika mencari obat tetes mata yang bisa membantu mengatasi dry eye syndrome, Anda bisa memilih obat tetes mata Insto. Pilih varian untuk dry eye syndrome karena kandungannya membantu membuat mata lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *